Minggu, 03 Mei 2015

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Optimasi mesin Pencari adalah sebuah metode,atau cara-cara yang diharapkan nantinya dapat memposisikan peringkat web kita di bagian atas dalam daftar pencarian.

Mengapa kita memerlukan SEO, didalam teknik pemasaran online SEO adalah salah satu metode untuk mengenalkan apa yang ingin kita sampaikan atau sesuatu yang ingin kita perlihatkan kepada seseorang yang dengan sengaja atau tidak menemukan website kita didalam daftar pencarian search enggine.

Mungkin metodenya akan terlihat seperti ini, Ada sebuah sistem atau alat yang mengumpulkan sebuah benda didalam suatu ruangan, benda itu bermacam-macam namun dikelompokkan berdasarkan nama dan bentuk benda tersebut. Sistem ini akan mendata semua benda yang masuk kedalam sebuah sistem dengan sangat cepat,dan memberikan sebuah jawaban kemungkinan-kemungkinan apabila kita nantinya mencarinya atau mencoba mencarinya.

Misal didalam ruangan tersebut ada sepatu,bila sepatu tersebut cuman satu mungkin kita akan mudah mencarinya. Namun bagaimana bila sepatu itu ada dua, tiga, empat…seratus, seribu, sejuta dan seterusnya. Tentunya kita akan sulit atau lebih sulit mencarinya jika kita ingin menemukan sepatu kita diantara beberapa sepatu didalam ruangan tersebut.

SEO mungkin seperti itu, bila kita sebagai pengiklan atau pemilik web,bila sepatu kita tidak terlalu unik akan sangat sulit sekali untuk diketemukan. Atau apabila kita memiliki web yang tidak mampu bersaing dengan website-website lainnya para clicker di search enggine akan lebih sedikit kemungkinannya untuk menemukan website kita.

Yang dapat kita pelajari dari SEO adalah kemungkinan metode pencariannya. Misalkan di dalam metode pencarian sepatu diruangan tersebut,kita memilah-milahnya terlebih dahulu berdasarkan warna sepatu kita, apabila ada seribu sepatu bila sepatu kita berwarna biru kita akan memilahnya mana sepatu yang biru dan mana yang bukan. Kemudian mungkin apabila masih tersisa ratusan sepatu kita bisa memisahkannya berdasarkan ukuran sepatu kita, kemudian merk sepatu kita, kemudian apabila masih belum ketemu dengan ciri-ciri yang lebih spesifik dari sepatu kita hingga kita akhirnya menemukannya.

Mungkin seperti itulah SEO, Metodenya sering berganti, apabila Memakai Search Enggine Google Web crawlernya namanya bermacam-macam yang nantinya diharapkan dapat menemukan konten yang paling sesuai tentunya.

Lalu bagaimana Caranya agar Website kita masuk kedalam daftar pencarian paling atas dari Google, atau mesin pencari lainnya :

Tentunya kriteria website kita sesuai dengan yang diinginkan mesin pencari.Oleh sebab itulah ada optimasi on page dan optimasi off page.

Dengan tujuan website kita berada didaftar pencarian paling atas dari Google.

Apa masalahnya akan berhenti disitu saja, tentunya tidak. Kita harus menentukan mana kata kunci yang banyak pencarinya, bagaimana cara menentukan kata kunci didalam pencarian, bagaimana menerapkan metode search enggine didalam website kita dan faktor-faktor lainnya, dan nantinya kita akan bahas lanjut ke artikel tentang SEO selanjutnya.

Sumber : 
http://grandchief.net/seoapa-itu-seo-search-enggine-optimation/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar